Awasi Sekolah yang Diduga akan Curang dalam UN


Awasi Sekolah yang Diduga akan Curang dalam UN

YOGYAKARTA,  – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengawasi sejumlah sekolah yang disinyalir rawan terjadi tindak kecurangan atau ketidakjujuran pada pelaksanaan ujian nasional.

“Pengawasan dilakukan untuk mencegah tindak kecurangan dalam ujian nasional yang akan dilaksanakan mulai 22 Maret 2010,” kata Ketua Panitia Ujian Nasional 2010 Provinsi DIY Baskara Aji di Yogyakarta, Sabtu (20/3/2010).

Menurut dia usai dialog dengan Komisi D DPRD DIY, di provinsi ini ada sekitar 10 sekolah yang akan diawasi terkait dugaan kecurangan dalam ujian nasional. Namun demikian, pihaknya tidak bisa menyebutkan nama sekolah dan lokasinya, karena tindak kecurangan dalam ujian nasional baru sebatas dugaan.

“Sekolah itu masuk dalam daftar lima persen sekolah yang didata tidak jujur dalam ujian nasional tahun lalu,” katanya.

Ia mengatakan setiap sekolah akan diawasi tim khusus yang beranggotakan personel dari perguruan tinggi, Disdikpora, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama dibantu aparat kepolisian. Menurut dia, kecurangan yang dilakukan dalam ujian nasional tahun lalu bukan kecurangan yang terorganisasi, tetapi hanya dilakukan beberapa siswa atau guru tertentu.

“Oleh karena itu, kami menjamin tidak akan terjadi kebocoran soal ujian nasional tahun ini,” katanya. Mengenai distribusi soal ujian nasional, ia mengatakan soal beserta lembar jawaban telah didistribusikan kepada 29 kelompok kerja di DIY pada Sabtu (20/3) pagi.

Semua soal direncanakan tiba di setiap lokasi kelompok kerja pada Sabtu (20/3/2010) sore. “Ketika soal ujian nasional dikirim, tanggung jawab keamanan berada di kota maupun kabupaten dan kelompok kerja setempat,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: