DARI FOSIL JADI MAKHLUK HIDUP LAGI


DARI FOSIL JADI MAKHLUK HIDUP LAGI

Katanya, dinosaurus dan mammoth dapat hidup lagi. Wah, apa benar?

Hidup Lagi dari Fosil Es

Baru-baru ini ilmuan Jepang, bernama Teruhiku Wakayama, berhasil “mengkloning”tikus. Benar-benar hidup, bukan robot! Tikus itu sehat, bisa lari, makan, minum dan tumbuh besar seperti  tikus yang lain. Bedanya, tikus ini berasal dari fosil es. Ssst, fosil es itu mirip daging yang dibekukan ibu di lemari es, lo.

Bayi tikus itu berasal dari tikus yang mati beku selama 16 tahun. Pak Wakayama mengambil otak tikus yang beku. Otak itu digiling hingga sel-selnya terlepas. Hmmm, tiap sel mempunyai inti sel. Di dalam inti sel terdapat gen. gen inilah yang bertugas membuat hidung, mata, tangan, dan lain-lain. Yaps, gen bertugas membuat tubuh makhluk hidup.

Nah, pak Wakayama lalu membuat kloning fosil tikus. Caranya, dia mengambil gen dari fosil tikus. Gen itu disuntikkan dalam sel telur tikus. Sel telur lalu dimasukkan ke dalam perut ibu tikus yang masih hidup. Wow, ternyata sel telur tumbuh jadi bayi tikus. Ibu tikus melahirkan bayi tikus. Bayi tikusnya punya ciri sama persis dengan tikus beku. Misalnya, bulunya abu-abu atau kupingnya pendek. Ck, ck, ck… pandai sekali ya, para ilmuan itu!

Tubuh makhluk hidup terdiri dari jutaan sel. Sel hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Biasanya, kloning mengambil sel makhluk hidup. Oleh karena itu, penemuan Pak Wakayama adalah kemajuan sains yang luar biasa. Hmm, apakah ini berarti dinosaurus dan mammoth dapat hidup kembali?

Bisakah Mammoth Hidup Lagi?

Pada zaman es atau ice ages, hidup binatang mamoth (gajah es) dan sabertooth tiger (harimau es bergigi pedang). Mammoth dan sabertooth telah punah. Ilmuan banyak menemukan fosil es mamoth di Kutub Utara. Artinya, mamoth itu berupa daging beku. Hmm, saat ini ilmuan sedang mencari gen mammoth yang utuh. Heheheh… jika ilmuan hanya menemukan gen pembuat kuping, maka ilmuan hanya bisa membuat kuping mammoth saja lo.

Jadi, apa kemungkinan mammoth hidup lagi. Satu saat mungkin akan ada ice ace park. Sebuah taman es berisi mammoth yang hidup dan jalan-jalan lagi. Kita tunggu saja…

sumber:majalah bobo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: