Keajaiban Mistletoe


Keajaiban Mistletoe

Ditengah musim dingin yang paling dingin sekali pun, daun-daun mistletoe tetap menghijau. Makanya, mistletoe banyak digantung di atas pintu sebagai hiasan Natal. Ssst, kabarnya mencium keluarga atau sahabat di bawah mistletoe melambangkan cinta dan persahabatan sejati!

Setengah Parasit

Ada banyak jenis mistletoe, yang paling populer adalah Viscum album yang digunakan orang Eropa dan Phoradendron leucarpum yang digunakan orang Amerika. Bedanya mistletoe Amerika memiliki daun yang lebih pendek dan lebar, serta buah berkelompok yang lebih banyak.

https://i2.wp.com/www.thenewparentsguide.com/wordpress/wp-content/uploads/2009/11/mistletoe.jpg

Mistletoe bersifat setengah parasit, sebenarnya dia melakukan fotosintes sendiri. Tetapi, untuk zat mineral dari dalam tanah, dia harus mengambilnya dari tanaman inang. Kadang, tanaman inangnya sampai kehabisan daun. Namun, mistletoe tidak akan membunuh tanaman inangnya. Kalau tanaman inangnya mati, mistletoe juga ikut mati.

Mistletoe dan Burung-Burung

Burung-burung berperan besar dalam penyebaran biji mistletoe. Mereka makan buah mistletoe, lalu menyebarkan biji-bijinya lewat kotoran mereka. Selain itu, burung-burung juga bisa menjepit buah mistletoe dengan paruhnya sampai bijinya lepas dan menempel pada tumbuhan inang..

Sebaliknya, daun-daun mistletoe yang hijau dan rimbun sepanjang tahun membuat burung-burung betah bersarang di dalam kerimbunannya. Di Australia sekitar 75 persen atau lebih dari 240 spesies burung membuat sarang mereka di sela daun-daun mistletoe.

Mitos-mitos mistletoe

Di rumania, mistletoe dianggap sebagai pembawa nasib baik, bahkan dianggap memiliki kekuatan sihir. Mistletoe juga digunakan sebagai obat. Mengapa mistletoe digantung di atas pintu? Kalau menurut orang Eropa dijaman pertengahan, supaya par penyihir tidak bisa masuk ke dalam rumah.

Nah, kalau kepercayaan tentang mencium keluarga atau sahabat di bawah mistletoe, milik orang Skandinavia. Mereka menganggap mistletoe sebagai tanaman perdamaian. Di sebagian Inggris dan Wales, para petani akan mengalungkan rangkaian mistletoe Natal pada sapi pertama yang lahir di tahun baru. Ini dipercaya akan memberikan keberuntungan pada seluruh sapi yang ada. Beda tempat memang beda kepercayaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: