nasi dari berbagai daerah


NASI SERIBU PULAU

Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia..

Penduduk Indonesia yang tersebar di ribuan pulau, memiliki berbagai makanan pokok. Ada si putih nasi, si kuning jagung. Si legit ubi, atau si kenyal sagu. Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Uniknya, tiap daerah mengolah nasi dengan cara yang berbeda-beda, tapi tetap sedap!

Si gemuk dari palembang

Nasi gemuk, sebetulnya nasi ini sama dengan nasi uduk Jakarta. Nasi gemuk dimasak dengan cara dicampur santan.

Nasi gemuk biasanya disajikan dengn tempe yang sudah dipotong kecil-kecil, kacang, telur dadar, telur rebus, dan timun. Ditambah sambal terasi yang disebut sambal cingeh. Jangan lupa, kerupuk sebagai pelengkap, hmm nikmat!

Si  kuning khas Bali

Siapa tak kenal nasi kuning? Nasi kuning dibuat dengan cara diaduk bersama kunyit, santan dan rempah-rempah. Campuran kunyit membuat nasi berwarna kuning cerah. Sedangkan santan dan rempah-rempah membuat nasi ini terasa lebih gurih dari nasi biasa.

Nasi kuning biasa kita temui di berbagai daerah, hanya saja, ada yang istimesa dengan nasi kuning khas Bali. Dalam tradisi Bali, warna kuning dianggap sebagai salah satu warna keramat. Karena itu, nasi kuning sering disajikan pada upacara kuningan.

Si Liwet dari jawa

Nasi liwet adalah makanan khas Pulau Jawa. Ada nasi liwet Sunda, ada juga nasi liwet Solo. Keduanya hampir sama. Cara menanak nasi liwet hampir sama dengan nasi biasa, bedanya nasi liwet dikukus beserta bumbu. Diantaranya, daun salam, santan, juga serai yang direbus secara bersamaan. Agar nasi tidak lekas gosong, nasi dimasak dengan api kecil sambil diaduk perlahan. Nasi tesebut bisa ditambahkan dengan air kaldu supaya rasanya lebih gurih dan uenak tenaaan!

Bakepor tadisi Kalimantan

Nasi bakepor adalah makanan tradisional Kutai, Kalimantan Timur. Cara membuatnya, nasi dicampur rempah-rempah, lalu dimasak di dalam kenceng atau kuali besi. Panaskan di atas bara api dari kayu.

Tak hanya cara memasaknya yang istimewa, tapi cara penyajiannya pun unik. Saat disajikan, nasi diaduk rata dengan beberapa suwiran ikan asin goreng dan jeruk nipis. Maknyusss rasanya..

Tetapi awas, di dalam nasi kadang ada ranjaunya, hihihi maksudnya ada beberapa cabai utuh yang bisa termakan oleh kita. Kalau sampai tergigit, hahhhh tentu saja pedas luar biasa!

Jaha dari Manado

Bukan Cuma rasanya saja yang lezat. Melaikan juga, cara memasaknya yang tidak biasa. Itulah nasi Jaha. Nsai khas Manado, Sulawasi Utara. Sebab, nasi yang dicampur rempah-rempah ini dimasak dalam bulu atau bambu!

Saat dihidangkan, nasi jaka dikeluarkan drai bambu, dan di potong-potong. Nasi jaha sangat cocok disantap bersama ikan cakalang goreng dan sambal dabu-dabu yang pedas. E do do e sedapnya.

Nasi Kelapa dari Maluku

Inilah nasi khas dari Batumerah, Ambon. Sepintas, nasi kelapa mirip nasi uduk Jakarta. Namun, rasanya agak berbeda.

Nasi kelapa dimasak dengan menggunakan santan, bumbu daun pandan, serta daun jeruk. Biasanya nsi kelapa dimakan dengan terasi kelapa. Terasi kelapa dibuat dari kelapa parut dicampur cabe dan bawang merah, serta perasan jeruk limau. Nasi kelapa juga disantap bersama colo-colo, sambal khas Maluku yang nikmat dan mantaaaap!

dari:bobo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: