Batik Dan Indonesia


Batik Dan Indonesia

Tahukah kita hari raya apa tanggal 2 oktober? Hari batik nasional. Hm, bangganya kita sebagai bansa yang punya warisan budaya, salah satunya batik.
Indonesia memiliki banyak sekali ragam batik, terutama pula jawa. Tai mengapa negara tetangga kita mengatakan kalau atik berasal dari negrinya? mungkin bukan semata-mata tetangga kita yang “nakal”, tetapi kita sendiri yang kurang peduli untuk menjaga dan melestarikan hasil budaya yang begitu berharga. Sebagai generasi muda, apakah kita tau apa itu batik? Apa saja jenis-jenis batik di Indonesia. Janankan melestarikannya, bahkan kita sendiri tidak tahu jens-jenis batik itu sendiri.
Pulau jawa sendiri memiliki banyak corak batik, seperti batik solo, jogjakarta, pekalongan, cirebon, dan lain-lain, belum lagi dari Sumatra, Kaimantan, gorontalo, wah banyak sekali.
Batik sendiri, berasal dari kata: “amba” yang artinya menulis, dan nitik, yang artinya titik.
Jenis jenis batik yang ada di Indonesia:
ada banyak sekali jenis batik, penamaannya biasanya didekatkan dengan nama daerahnya atau coraknya seperti batik Solo, batik jogja, batik pekalongan, https://i2.wp.com/www.indofamily.net/travel/images/stories/articlesimages/batik%20cirebon--motif%20mega1.jpgbatik megamendung dari cirebon… sesuai dengan namanya mega batik ini bercorak awan, http://apriliaisme.files.wordpress.com/2009/12/parang-rusak.jpgbatik parang rusak, batik parang barong, batik tulis 3 negri, batik buharto, batik hokokai, batik klasem sekitar jagad, batik primisan, batik garuda dan lain lain.
tekik membuat:
ada 2 jenis membatik… yaitu dengan tangan yang biasa di sebut dengan batik tulis. Cara membatik ini banyak digunakan pada jaman dulu. Kum perempuan dan ibu-ib membatik dengan menggunakan canting, alat untuk menggambar di atas kain. membuat batik tulis membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih 2-3 bulan. teknik yang cepat adalah batik cap, dimana kain dihias dengan tekstur dan corak batik yang di bentuk dengan cap. proses pembuatan batik ini hanya membutuhkan waktu 2-3 hari.

Tidak hanya orang Indonesia yang suka batik, ternyata mendiang Ibu Obama pun punya koleksi batik, Batik-batik koleksi Ibunda Obama , d Pamerkan Di tanah kelahirannya  di Kansas,As

Nah, begitu banyak yang menyukai batik, baik karena coraknya, maupun kekentalan seni budaya yang menjadi sejarahnya. Bahkan orang luar negri pun bangga memilikinya, sekarang apakah kita sudah cukup peduli untuk melestarikan dan menjaganya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: