Tsunami


TSUNAMI

Secara harafiaf berarti “ombak besar di pelabuhan” adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dangan tiba-tiba. perubahan permukaan laut tersebut bisa di sebabkan oleh gempa Bumi yang berpusat di bawah laut , letusan gunung berapi di bawah laut, longsor di bawah laut, atau hantaman meteor di laut. gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km/jam. setara dengan kecepatan pesawat terbang , ketinggian gelombang di laut dalam hanya 1 meter . Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga 30km/jam namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan km dari bibir pantai, kerusakan dan korban jiwa terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air . maupun material oleh aliran tsunami.

jenis gempa yang dapat menyebabkan tsunami: 1. gempa bumi yang berpusat di tengah laut

2. Gempa bumi yang sekurang-kurangnya 6,5 sr di Indonesia, Tsunami pernah terjadi dan mengguncang Aceh.

Gempa berkekua6tan 9,3 sr ini merupakan gempa terdasyat , yang telah mengakibatkan tsunami dan telah memakan banyak korban jiwa dan menjadi sejarah bencana terbesar di indonesia. Musibah yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 itu memicu terjadinya gelombang tsunami di beberapa negara Asia seperti Sri Lanka, India,Thailand sumber tambahan:wikipedia Di Indonesia gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa . Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh Dan Banda Aceh, Di ujung sumatra. Di Banda Aceh , sekitar 50% dari semua bangunan rusak karena tsunami. Tetapi, kebanyakan korban disebabkan oleh Tsunami yang menghantam pantai barat aceh dan sumut. https://i2.wp.com/www.ytbindonesia.org/ytbwebsite/images/foto/tsunami2.jpg

Kenali ciri-ciri tsunami: Berikut ini beberapa ciri yang harus kita kenali, agar tsunami tidak menimbulkan banyak korban diantaranya:

Tanda- tanda akan datangnya tsunami di daerah pinggir pantai adalah:

1. air lautan yang surut secara tiba-tiba Nah,ini mengapa tsunami menelan banyak korban jiwa. Orang d pantai yang tidak mengerti melihat ikan banyak di pantai karena surut dan mengambilnya, eh…………… tiba-tiba air muncrat keluar dan orang yang disekitarnya paling– paling meninggal

2. Bau asin yang menyengat Karena air surut Garam-garam pun tertinggal di tanah

3. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras

Bencana datang tiba-tiba, dia tidak datang dengan permisi terlebih dahulu, sebagai manusia kita hanya bisa berdoa pada Tuhan , dan kenali Tanda-tandanya, tetap menjaga lingkungan dari sekitar kita, agar tidak rusak dan berdampak buruk bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: